Minggu, 26 Juni 2011

Menelisik Kisah Seram di Gedung Untar Cilandak

Menelisik Kisah Seram di Gedung Untar Cilandak

Muhammad Raka Riandhi |

Jakarta - Kisah seram memang selalu menarik untuk ditelisik. Sangat mungkin ini terkait dengan rasa ingin tahu dan penasaran yang juga muncul dari cerita mulut ke mulut yang juga beredar dan semakin meluas. Seperti kisah seram yang juga kami peroleh berikut ini.

Konon sudah sejak tahun 2006, gedung kampus Universitas Tarumanegara yang berada di Jalan Pulo Raya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, sudah tidak ada lagi kegiatan perkuliahan. Bahkan gedung yang terletak di samping perempatan Cilandak ini benar-benar telah dikosongkan sejak akhir tahun 2010 lalu.

Awal tahun ini, tepatnya bulan Januari gedung yang dipakai Universitas Tarumanegara sejak tahun 1997 sampai tahun 2006 telah disewa oleh Yayasan Tarakanita untuk digunakan kegiatan SMA/SMK Tarakanita. Sekitar 300 siswa SMA dan 300 siswa SMK ini telah mengikuti kegiatan belajar -mengajar di gedung tersebut.

"Sekitar dua tahun silam, pernah ada kejadian aneh di gedung ini. Tepatnya pada malam hari ketika kabel speaker yang banyak beredar di area gedung sudah dicabut oleh petugas yang menjaga gedung. Namun, pada tengah malam, speaker tersebut menyala mengeluarkan suara yang keras dengan sendirinya. Sehingga mengganggu penduduk sekitar. Warga pun spontan kaget dan langsung beramai-ramai menghampiri gedung tersebut," Kata Misdhi, Kepala Satpam SMA/SMK Tarakanita.

Tak hanya itu, menurut cerita temannya yang lain, ia pernah melihat sosok seorang siswa melompat mundur dengan menggunakan pakaian ala Jepang. Tentu berbagai kisah yang terjadi itu membuat warga yang pernah mengalami memiliki kesan seram dan takut juga, meski hanya bisa dipahami mereka. Tak jarang cerita pun meluncur dan menyebar dari mulut ke mulut dan menambah dramatis lagi. Memang, sejak tahun 1997, gedung ini telah dibeli oleh pihak Universitas Tarumanegara, di mana sebelumnya pernah dipakai oleh JJS (Jakarta Japan School), sekolah Jepang yang ada di Jakarta.

Setelah beberapa kali mengalami kejadian aneh di gedung tersebut, Ketua Yayasan Tarumanegara, Angga Wibisono sempat mengadakan doa dan zikir bersama di dalam gedung. Banyak pihak yang diundang, termasuk warga sekitar. Doa dan zikir tersebut dilakukan sebagai bagian dari upaya mendekatkan diri pada Allah, mengadukan semua persoalan kepada Sang Maha Penentu dan Maha Penguasa atas semua makhluk-Nya. Tentu harapan berikutnya, dengan doa dan upaya mendekat ini, para makhluk Allah yang lain, termasuk makhluk gaib, tidak saling mengganggu dan pada gilirannya kejadian-kejadian aneh di dalam gedung tersebut berangsur hilang.

Ya, fenomena gedung tua, gedung kosong, dan rumah tak terawat memang selalu menyisakan kisah seram. Dan konon makhluk halus memang menyenangi berbagai tempat terbengkalai ini. Bagaimana menurut Anda? Anda bisa berbagi pengalaman menyeramkan dengan kami melalui pendidikandukun@gmail.com. (imm/imm)

Share

5 komentar:

  1. Haha... ini blog yg punya siapa ? Kyknya tau banget lokasi untar 3

    Gue pernah ngalamin sendiri kejadian mistis di kampus 3. Oya kenalin panggilan gw djawa mhswa FE angkatan 2002 kampus 3.
    Kejadian pertama tuh terjadi disampung hall. Ceritanya begini, dlu yg mngkn alumni sana pada tau kab mhsw nya suka nginap di kampus and pd kenal deket sama security kampus, termasuk pak misdi yg ada diatas tuh ( salam buat mami mak nyak). nah malam itu kami mngkn 7 orang pd main judi di kampus sampai mlm, n akhirnya kami putuskan buat nginap di kampus. Nah singkat cerita gw mlm itu mau tidur di mblnya tmn gw thaufiq FH 2000,
    Pas msu tdr n rebahin kursi mbl secara ga lgs gw liat diatas lantai 3 tepat di atas pos security ada 2 cahaya merah besar sekali dan berbadan hitam. Dasar gw penakut akhirnya gw lari cpt ke security. lalu gw cerita, dan kata security nya lt 3 memang penunggunya genderuwo.

    Cerita yg ke 2 tdk gw alamin sendiri.
    Ini terjadi sama cleaning service kampus 3. Ceritanya beguni, di kampus 3 kan banyak sekali ruang ruang kelas yg kosong tdk kepakai. Nah Cleaning service tersebut bersihin ruamg kosong di lt 3, nah pas si cleaning service (gusti klo ga salah namanya) mengepel lantai, yg aneh tiap kli di pel bersih ada bekas kaki yg ukursnnya sangat besar sekali bukan ukuran kaki mAnusia, yg aneh tiap kali di pel lg muncul lg jejak kaki itu, pdhl di ruAngan itu cm ada 2 orang

    Cerita 3
    Pd wkt subuh di kantin nya mami (bininya p misdi) kami main kartu. Wkt itu hari sdh petang atau menjelang magrib. saat itu walaypun wkt sdh magrib tp msh bnyk mhsw yg nongkrong di kantin. Dan tiba tiba di dekat wc lt 1 ada sesosok wanita berambut panjang berbaju putih sedang menyebrang dari blok gedung satu ke blok gedung satunya lg (masih tetep di lt1), sambil melambaikan tangan seakan akan memanggil seseorang. Dan yg anehnya dr banyak mhsw yg nongkrong di kantin bnyk sekali mhsw yg melihatnya, kurang lbh ada sekitar 12 mhsw yg mlht dan cm 3 ato 5 mhsw yg ga bs melihat. Dasar kita anak muda yg suka bercanda, si hantu itu yg melambai td kami yg bisa melihat bercanda bilang " hantunya melambai lambai menyerah mau nakut nakutin tp gagal" . Dan anehnya stlhkami bercanda bgt eeeh si hantunya lgs bergerak sangat cpt sekali lgs mendekati kita, dan orang yg paling dkt sama hantu itu hanya bbrp meter saj adalah tmn gw si roy tumpal, tp tmn gw yg dideketin ini salah satu tmn kita yg ga bs melihat

    Salam keluarga untar 3 FE FH

    DJAWA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sorry ganggu nih bang. Bang lu alimni untar kampus 3? Kenalin gue desi anak smk 47. Ngomongnya gue lu aje ye bang biar enakan dikit. Jadi gini, gue tinggal di jagakarsa. Hampir tiap hari gue lewatin dpn untar. Dr smk gue selalu lewat cilandak trakindo klo gue mau balik. Nah gue kn balik jam 3 br bubar sklh. Kira² jam set 6 gue br sampe dpn untar krn macet. Tiap kli gue lewat situ gue perhatiin tu kampus.

      Gue heran, mulailah muncul banyak pertanyaan di pikiran gue dan penasaran. Kok ni gedung ngape kaga dipake lagi si? Klo gak dipake ya kn bisa tanahnya di jual ke orang bakal buat market atau kantor. Dan di gedungitu gue perhatiin masih banyak AC yg blon di copotin. Dan kacanya pada pecah. Trs rumput² pada tumbuh tinggi² sama sekali kayak kaga terrawat. Mank ngapa sih bang, ko tu sekolah bisa ditutup? Kata abang gue tu sklh pas jaman²nya abang gue lulus smk tu kampus masih ada. Katanya tu kampus mayan bagus. Tapi ngapa di tutup? Padahal tu kampus ada prasasti tarumanegara kan? Yg tepak telapak kaki dewa di batu yg gue liat ky yg gue pelajarin ips pas smp kls 1.

      Dan gue pernah beberapa kli lewat situ pas malem. Gue perhatiin mulu tuh gedung. Beberapa kli liat cahaya di dkt gedung itu di pojok. Tp krn daun agak samar gue liatnya. Dan abis itu tu cahaya ilang. Dan ampe sekarang gue masih penasaran tu gedung

      Hapus
  2. kun, gue punya cerita horor menyangkut kampus UNTAR 1 yg letaknya di jalan S. Parman, sebelah trisakti.

    kejadian ini berlangsung sekitar satu tahun yang lalu. jadi kan kalo di kampus ini jam 8 itu listrik dimatiin. biasa jam 7.30an ac mati duluan. jam 7.45 gitu ada alarm yg nandain kalo lampu uda mau dimatiin.. jam 8 jadi yang tersisa cuma lift yg nyala.

    kejadian ini terjadinya di gedung teknik - fsrd (gedungnya nyambung gitu).
    jadi kalo ada rapat besar kegiatan, itu biasa kita bikin izin jadi bisa sampe jam 10 maleman gitu. nah waktu itu ada satu temen gue cewek izin pulang duluan dari rapat. jam 9an (?). jadi listrik uda mati, tinggal lift yg masih nyala. terus karna izin pulang duluan, alhasil dia harus turun sendirian deh.

    jadi dia naik lift yg ada di gedung fsrd, yang ukurannya rada gede emang dipake buat muat barang juga. terus sialnya itu lift kebuka di lantai 4. (sekedar info aja, karena listrik mati jam 8, jd harusnya jam 8.15 biasa uda kosong itu gedung, ga ada orang lagi.)

    siapa yg pencet liftnya..?

    kebuka di lantai 4, tiba2 temen gue ngerasa ada terpaan angin gitu masuk ke lift, dan liftnya langsung bunyi, dan ada tulisan FULL di panelnya! dia coba teken tombol close tapi pintunya gak mau nutup. sampe stlh bbrp saat ada tiupan angin lagi tapi ke arah luar lift, baru tulisan FULL nya ilang dan pintunya bisa ketutup.

    yak udah gitu aja kun ceritanya ahahahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama! Ternyata bukan saya dan temen2 aja yg ngalamin, Kejadiannya juga di lift fsrd tp jam 7an, bahkan saya ngalamin 2 kejadian di hari itu -___-
      saya berempat pulang dr lt 6 gd k sehabis ngerjain tugas. kita masuk lift dan isinya kita berempat aja, udah biasa sih pulang ngerjain tugas di jam segitu. Disitu saya cerita ke temen2 tntg kejadian sebelum ini pas saya dtg (sy dtg jam 5 nyusul temen2 sy ngerjain tugas) di dalem lift bagian depan deket pintunya itu bertaburan kembang gitu, gatau deh dr mana asalnya dan ini bukan pertama kali aja udah bbrp kali saya alamin, entah gimana sampe ada itu kembang, apa org lg ada keperluan dgn kembang trus jatuh (?).. ga ngerti dan ketika itu sy naik lift sendirian T_T yaudah saya cerita ke temen2 saya, dan jengjeng setelah saya cerita, apa yg terjadi??? Tiba2 itu lift berhenti di lt. 2! Kita semua kaget kan karena gak ada yg mencet.. dan ditambah kaget lagi pas kebuka isinya udah gelap semua T_T lgsg temen saya 2 cewek teriak sambil tutup muka.. untungnya ga ada penampakan apa2 yg masuk -__- Gilaaak itu pengalaman terhoror selama kuliah..
      Ohiya mau nambahin, jd pas sy naik lift jam 5 itu kan ada kembang td, trus sekitar abis maghrib saya turun pingin sholat dan di lift itu udah bersih.. gak ada kembang lagi... mungkin udah dibersihin ob (?)
      Yak begitulah, untungnya pas ngalamin lift berenti di lt. 2 lg rame2 :'))

      Hapus
  3. http://pelangimerah99.blogspot.nl/2017/11/pelangikita_98.html
    http://pelangimerah99.blogspot.nl/2017/11/pelangikita_18.html


    Tunggu Apa Lagi Guyss..
    Let's Join With Us At Pelangikita.com ^^
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami
    - BBM : D8C5975D
    - WHATSAPP : +855 98 874 349
    - LINE : poker_pelangi

    BalasHapus